Senin, 10 Februari 2014

Macam-Macam Produk yang Bisa Didropshipkan



    Sebelumnya ane udah ngebahas istilah dropship dan serba-serbinya , termasuk mencari suplier yang tepat untuk membantu kita dalam menjalankan bisnis dropship ini . Nah kali ini ane akan share tipe-tipe produk apa saja yang bisa didropshipkan , tidak semua barang / produk cocok untuk dijual secara online dan juga begitu juga sebaliknya .
    Produk secara garis besar dibagi menjadi 2 macam : 1 . benda idealis ,2. Benda realistis . Apaan ya kok kaya teori ekonomi aja ? benda idealis itu benda-benda yang sifatnya musiman/unik lebih tepatnya benda tersebut masih jarang dijual sembarangan  contoh : coklat edisi valentine bergambar beyonce lagi selfie, hehehe, sedangkan benda realistis itu benda-benda yang sudah ada sebelumnya / sudah umum dijual contoh baju batik hahaha . Bagi seorang dropshipper yang menjadikan usaha tersebut sebagai usaha jangka panjang tentu akan memilih yang nomer 2 ,kenapa ? karena pendapatan yang akan didapatnya setiap bulan tentu akan stabil dan yang terpenting tidak perlu repot mencari/membuat kreasi-kreasi unik hanya fokus di pemasaran , tetapi untuk memasarkan produk jenis realistis apalagi kita seorang dropshipper tentu butuh waktu/tenaga/biaya agar hasilnya optimal , sedangkan bagi kita yang lebih suka unik atau mengandalkan event-event tertentu untuk meraup keuntungan tentu lebih memilih produk yang idealis . Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya . So , untuk pemula sebaiknya mengambil perpaduan antara keduanya itu lebih baik . Saya sendiri mengambil macam-macam produk , tetapi ada 1,2 produk yang dijadikan sebagai produk utama . 
contoh produk idealis 

contoh produk realistis




Kategori produk yang bisa didropshipkan menurut pandangan ane :
1 . fashion
Yup fashion , siapa sih yang gak butuh pakaian ? pasti semua orang butuh , apalagi kaum hawa yang gemar mengoleksi baju ataupun aksesoris lainnya lebih dari satu , tentunya pasar fashion untuk kaum hawa ini sangat ampuh bagi dropshiper /pelaku online shop . Tetapi , jangan karena tergiur stigma yang ane sebutin di awal kalo cewek itu suka mengkoleksi aneka baju/aksesoris lebih dari satu , kaum adam pun juga ada yang sama loh . Ane sendiri lebih suka menjual produk fashion cowok daripada fashion cewek , ntah kenapa stigma kalo jualan aneka fashion cewek bakalan lebih laku tidak berlaku untuk ane heh . Fashion disini meliputi aneka baju , jam tangan , sepatu dan tas

2. Aksesoris Mobile
Sama seperti point 1 , hp atau yang lebih kerennya HH(Handheld) alias mobile alias apalagi ya ?? sangat menggiurkan dalam bisnis dropship. Tetapi ada kelemahan dalam kategori ini ,yakni jika barang yang diterima konsumen rusak karena pengiriman atau sebab lainnya , siap-siap aja deh kena semprot lebih dulu . Aksesoris HH harganya bervariasi , mulai dari 10rb-ratusan ribu , so pilih-pilih harga yang cocok untuk di mark up sesuai persentase yang anda inginkan . Kategori ini meliputi custom softcase/hardcase, Leather case , aneka kabel data(usb,hdmi,usb otg,charge) , baterai original hh ,dll . Sangat tidak rekomendasi untuk menjual produk media penyimpanan data (red memory card) karena bentuknya yang kecil dan mudah dijumpai di toko/mall .

3. Beverage (makanan)
Kelihatannya point 1-3 ini kebutuhan pokok manusia jaman sekarang ya , produk makanan ini biasanya tidak menggunak sistem dropship yang pernah ane kemukakan di post sebelumnya meskipun dalam pemasarannya bisa lewat online , dalam bisnis makanan (terutama makanan ringan/tahan lama) menggunakan sistem reseller , reseller membeli dalam jumlah banyak lalu dipasarkan secara offline/online ,tetapi ada juga yang menggunakan sistem dropship walau jumlah dibatasi, produk-produk makanan biasanya cepat booming apalagi jika kemasan tersebut menarik , ane dulu waktu kuliah melihat banyak sekali mahasiswi yang jualan keripik setan via grup jurusan dan respon pun cepat menyebar , bahkan promosi dilakukan saat – saat perkuliahan mau berlangsung . Produk seperti ini memang cepat booming tapi cepat redup . So , hati-hati dalam berbisnis .
5. Interest / hobi
Siapa yang gak suka maen game ? game ps apalagi kan ya ? Kategori ini juga sangat seksi untuk pelaku online shop , hampir setiap bulan vendor pembuat game meluncurkan game-game barunya guna memanjakan penikmat game mania hahaha . Yang laku setiap hari ya tentunya dvd game baik itu konsol maupun pc , tetapi jarang sekali toko online yang mau men-ds-kan dvd game . tetapi masih ada cara agar kita bisa meraup keuntungan untuk kategori ini (jika tahu caranya hehehe) . Film pun demikian , sama seperti game cara kerjanya . Ada juga dropshiper buku atau dvd tutorial , ane belum mencoba untuk kategori ini hahaha . kategori ini meliputi buku,dvd content ,dsb .

6. Unik
Jenis ini yang masuk produk-produk idealis , karena keunikannya bisa menjadi mesin atm untuk kita jika tahu cara memasarkan produk tersebut . Tetapi unik itu sendiri sifatnya relatif , mungkin menurut kita unik tapi orang lain tidak begitupun sebaliknya .  Mencari produk yang unik pun susah susah gampang , tapi apabila kita berniat mungkin saja ketemu yang tak terduga .  Produk unik ini biasanya beda dari yang biasanya (ya iyalah namanya juga unik) .

Segitu aja dulu ya , mungkin masih ada kategori yang lainnya tapi ane rangkum secara garis besarnya , intinya sih dalam berbisnis (berjualan) kita harus sabar , tidak ada yang langsung jualan produk a atau b langsung kaya .  Mulailah berjualan/ dropship dengan barang yang anda sukai terlebih dahulu kemudian cari barang yang ready stock cari lagi yan g supliernya fast respon .

BISNIS ITU SENI KAWAN
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar