Senin, 07 April 2014

Tips Menjawab Pertanyaan Konsumen via SMS/IM dengan Cara Diplomasi

Hai sobat dropshiper semua , yang ada di Jawa, Kalimantan , Sulawesi , Sumatra dan dimanapun Anda berada . Pada kesempatan kali ini , saya akan membahas Tips Menjawab Pertanyaan Konsumen Via SM/IM dengan Cara Diplomasi . Maksudnya seperti apa ya ? :bingungs , sama saya juga . Dalam dunia jual beli secara online , apalagi bagi seorang dropshiper yang notabene barang/produk yang akan dijual berada ditangan suplier atau produsen , sangat riskan ketika menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari konsumen yang tertarik akan produk yang ditawarkan . Paling riskan adalah ketika pertanyaan yang dilontarkan dari konsumen itu “Bisa COD gan?” atau lokasi tokonya dimana ? bingungkan jawabnya ?
Kata diplomasi yang saya pakai kali ini tidak menyangkut masalah politik internasional atau sejenisnya yang biasa dipakai oleh politikus papan genteng (mangap atas) , tapi lebih mengarah diplomasi menjawab pertanyaan konsumen dengan efisien , tertarget , tidak bohong . Pertanyaan yang terlontar dari konsumen seperti diatas bisa dijadikan konversi apabila kita pandai dalam berdiplomasi dengan konsumen . Saya sendiri pernah walaupun sedikit jumlahnya , melakukan trik ini (yaiyalah , trik ini ane yang bikin) . Keberhasilan tips-tips yang akan saya bagikan disini bergantung pada produk yang dijual, kepuasan konsumen , dan tentunya rezki sudah ada yang atur . Berikut ini saya uraikan pertanyaan-pertanyaan yang sering saya temui dan cara jawabnya (100% bukan ilmu pasti !!!!)
1.    Q    : bisa cod gan ? / lokasi toko dimana ?
A    : Kami hanya online (delivery only) .
 Jangan menjawab Anda sebagai Dropshiper , karena dimata mereka , dropshiper itu harganya mahal alias ambil untung banyak , stigmanya sudah jelek walaupun jujur itu lebih baik ya tapi ingat ini bisnis jualan , kapan  Anda bisa mendapat satu konsumen jika Anda bilang seperti itu , kapan Anda akan mengcapture layar hp sebagai testimonial dari konsumen anda ? Setelah Anda menjawab , harapan konsumen untuk membalas <50% atau bahkan 0% . Jadi jangan berharap terlalu banyak .
2.    Q    :Kalo delivery , kirimnya darimana?
A    :dari kota Y
Jangan menjawab dari kota Anda sendiri , kecuali Anda suplai atau supliernya satu kota dengan Anda . Pertanyaan ini sering menghantui para dropshiper yang melakukan promosi di Tokobagu* / berniag* . Karena lokasi iklan itu ditampilkan .
3.    Q    :Ia , saya minat nih dikirim , tapi agan menipu gak ?
A    :kalo ane nipu , ngapain gan ane balas sms agan ?
Penegasan bahwa kita seorang dropshiper yang super sibuk . Dari jawaban diatas kan kesannya konsumen yang dibutuh kita .
4.    Q    :Harganya bisa kurang lagi gak ?
A    :maaf , harga sudah pas/nett , jika merasa harga ditempat saya mahal , silahkan pilih yang lain yang lebih murah .
Hargai jerih payah Anda sebagai seorang dropshiper . Jangan terlalu mudah untuk mengasihani konsumen kecuali Anda masih awalan yang belum banyak yang order . Kalo dijawab bisa , pasti konsumen akan manja dan minta diturunin lagi . yang Ada kita malah buntung.

Untuk sementara saya kasih contoh 5 dulu , nanti akan saya update lagi contoh – contohnya . Hasil setiap orang saya tekankan lagi berbeda-beda ! .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar