Jumat, 18 Juli 2014

Pilih Resign Atau Sampingan ?

sampingan
pilih resign atau sampingan ?
Pilih Resign Atau Sampingan ?
Di era globalisai seperti sekarang ini , masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi dengan cepat dan ini dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mendapatkan rupiah dengan menjual “informasi” .  Era bisnis online seperti sekarang yang sudah booming dimana-mana , apalagi fenomena dropshipping yang kian hari kian banyak pelakunya sehingga bak cendawan di musim hujan . Dengan mudahnya masyarakat mendapatkan informasi justru bisa jadi boomerang bagi mereka jika tak mampu mengolah dengan baik informasi yang diterima .

Salah satu permasalahan yang sekarang terjadi adalah fenomena dropship yang menggiurkan , banyak orang yang memulai bisnis online dengan menjadi dropshipper , barang-barang yang dijajakan juga bervariasi dari fashion hingga perangkat elektronik . Masyarakat tergiur menjadi dropshipper itu biasanya karena mengikuti tren ataupun mendapatkan informasi via media internet bahwa metode dropshipping itu bisa membuat kita kaya .

Kenyataan yang ada adalah bahwa segala macam bisnis tidak ada yang instan dan sering kali dibulan ketiga berdropship kita disuguhkan dengan dilema penjualan yang tak ada sama sekali atau masih stagnan . Banyak orang yang tergiur dengan omzet atau profit yang didapatkan dari sebuah usaha jualan via internet lalu mereka berpikir dengan jangka pendek untuk memilih resign dan membuka usaha via dropship atau mencoba menjadi suplier atau produsen kecil . Permasalahannya adalah mereka para penggiur omzet jualan via internet ini tidak berpikir logis dan hanya mengambil ilmu dimuka para pelaku bisnis online yang sudah mapan . Jarang dari mereka yang menelusuri bagaiman para pelaku bisnis online ini bisa mendapatkan omzet atau profit hingga puluhan – ratusan juta , mereka hanya mengambil jalan pintas dalam benak mereka bahwa jika dia bisa kenapa saya tidak ?.

Memang tidak ada yang salah dengan pemikiran seperti itu , sah-sah saja . Namun jika kita sudah mempertaruhkan semuanya dalam hal ini resign kerja dan ditengah jalan akhirnya belum mendapatkan apa yang didambakan , pasti kita akan depresi . Untuk menanggulangi kejadian tak diingikan seperti itu ada baiknya anda memikirkan ulang apakah untuk menjalani bisnis online harus dimulai dengan resign atau dijadikan usaha sampingan dahulu . Nah , blog dropshippersukses akan membahas tentang pemilihan resign kerja atau sampingan secara detail sehingga bisa menuntun Anda untuk memilih pilihan yang tepat dalam memulai bisnis baik online atau offline .

Memilih resign kerja karena tergiur dengan jenis pekerjaan lain atau dalam hal ini berbisnis baik online atau oflline merupaka ide berani yang tak semua orang mau melakukannya . Namun , ada juga sebagian orang yang berani mengambil resiko bahkan ada yang masih mempunyai kreditan bulanan untuk resign lalu banting setir melakoni bisnis online seperti online shop . Mau itu bisnis onilne atau offline semuanya memiliki karakteristik yang sama yakni ada dua kemungkinan gagal atau sukses . Para penggiur omzet ini berpikir hanya sesaat , jika mereka terus bekerja di kantor tentu tidak akan memiliki pundi-pundi uang yang banyak , cara yang paling tepat adalah dengan berbisnis . Posisi anda sangat vital pada saat ini , jika anda memutuskan untuk resign , sebaiknya anda sudah mempunyai cadangan tabungan untuk keperluan setidaknya 6-12 bulan kedepan untuk menanggulangi hal yang tidak diinginkan . Jangan memulai usaha dengan cara meminjam uang ke Bank karena anda tidak tahu apakah usaha yang anda lakoni ini bisa berhasil dalam waktu cepat atau justru gagal .

Keuntungan yang didapatkan dari resign dalam memulai berbisnis adalah ketika bisnis yang anda jalani tumbuh besar atau bisa dikatakan sukses , Anda akan tertawa terbahak-bahak karena keputusan yang anda ambil adalah benar . Namun jika gagal atau belum mendapatkan seperti yang diharapkan , cobalah mengevaluasi sistem yang anda jalani apakah sudah benar atau belum . Jika semuanya sudah benar tapi masih stagnan , lebih baik Anda meninggalkan bisnis Anda dan memulai bekerja di luar rumah saja . Atau jika ingin terus menghidupkan bisnis , Anda harus melakukan gebrakan – gebrakan berani untuk mendongkrak bisnis sehingga bisa terwujudkan sesuai yang Anda harapkan .

Jika Anda memilih sampingan , sebaiknya anda bukan tipe pekerja yang mempunyai pekerjaan sibuk di kantor . Apalagi jika bisnis yang ingin anda lakoni saat itu adalah bisnis jualan online entah itu dropship atau produsen / suplier . Sekali anda terjun di dunia bisnis , Anda tak bisa menghentikan seenaknya . Pikirkan dengan baik-baik , apakah nanti jika sudah memulai bisnis sampingan ini menganggu pekerjaan utama anda di kantor atau tidak . Kenyataan yang ada adalah konsumen onlin tidak tahu menahu mengenai Anda sedang bekerja atau tidak , mereka ingin mendapat pelayanan yang cepat dan memuaskan . Apakah anda sanggup untuk melayani konsumen saat jam kerja ? apakah bunyi sms atau pemberitahuan ponsel menganggu Anda di kantor ? apakah bos anda marah jika pada saat jam kerja Anda seenaknya membalas sms ? . Pikirkan itu dan tentukan pilihan .

Melakoni bisnis sampingan memang mudah , apalagi tipe orang Indonesia yang suka berada di zona aman (tidak mau capek , tidak mau rugi dsb) maka bisnis sampingan menjadi alternatif utama dalam menjalani sebuah bisnis . Namun , permasalahan akan terjadi jika bisnis yang anda geluti menuai kesuksesan dan Anda dihadapkan pada permasalahan resign atau tetap sampingan . Apakah merekrut karyawan di rumah untuk membantu bisnis anda jalan atau pilih resign kerja demi tercipta bisnis yang sehat . Kemungkinan Anda akan memilih resign itu lebih tinggi daripada merekrut karyawan , tapi perlu Anda ingat bahwa bisnis bukanlah model keuangan pasti seperti anda bekerja di kantor yang tiap bulan pasti mendapat gaji sekian rupiah . Bisa jadi ketika Anda resign ternyata bisnis anda laku sesaat atau istilah jawanya “anget-anget tahi ayam” atau tidak bertahan lama masa suksesnya . Dan ini menjadi pukulan berat bagi anda . Jika anda merekrut karyawan , sebenarnya itu bukan tindakan etis karena Anda sendiri seorang karyawan kenapa anda menyuruh orang lain bekerja di rumah anda bukan Anda sendiri ? .

Kedua pilihan diatas adalah sah untuk Anda yang ingin memulai berbisnis . Tapi posisi Anda saat itu bukanlah posisi yang tepat untuk memulai , mengapa ? karena Anda dari awal tipikal garis lurus (mendapat gaji tiap bulan) lalu anda banting setir ke kurva naik turun (bisnis tidak menentu uangnya) . Jadi menurut blog dropshippersukses memulai bisnis entah online atau offline adalah saat Anda sedang menganggur , karena anda tidak akan terbebani dengan masalah kebimbangan . Yang ada adalah posisi serba kurang dan ini menuntut anda untuk berpikir kreatif sehingga bisnis yang anda geluti bisa berkembang pesat , karena sebenarnya Tuhan telah membagi dengan adil rezeki yang ada , pegawai/karyawan/buruh ya tinggal nunggu gaji tiap bulan , pengangguran yang berbisnis dan tiap tahun beli mobil mewah , hehehe .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar