Rabu, 14 Mei 2014

Range Konsumen Online di Indonesia Berdasarkan Gender dan Usia

Halo sobat dropshiper , sobat pernahkah mengalami atau menemukan konsumen yang kabur begitu saja setelah berlama-lama tanya – tanya ? istilah kerennya di dunia dropshiping itu “buyer type hit and run” , nah kali ini dalam postingan judul “range konsumen online di Indonesia berdasar Gender dan Usia” saya akan membagikan tipe-tipe konsumen berdasar jenis kelamin dan juga usia untuk meminimalisir buyer hit and run . Postingan kali ini saya tujukan bagi sobat dropship untuk memikirkan ulang produk yang sobat dropship jual , jika laku keras ya syukurlah , jika masih gitu-gitu saja ya patut untuk merombak total . Langsung saja ya , kalau lama-lama nanti bosan .
1.    Range Low (umur <20thn Gender cowok dan cewek)
Paling malas kalau ketemu buyer yang kategori range low begini , biasanya tanya detail sekali sampai-sampai kita lupa makan siang tapi begitu bosan , buyer tipe ini langsung kabur tanpa pamit , alasan – alasan yang sering dikemukakan adalah seperti “nanti dulu deh , aku tanya sama ortu “ , “kirain bisa beli ditoko” , “minta pin bb aja” pasti kesel kan kalau akhirnya seperti itu ? . Produk-produk yang digemari oleh kategori ini biasanya aneka fesyen entah itu korean style , kaos distro atau pun asesoris lucu-lucu .Mereka belum ngeh dengan dunia jual beli online , mereka menganggap kalau seller online itu Cuma nipu maka mereka tak segan – segan untuk bertanya habis- habisan sampai si seller muak .

2.    Range Mid (umur 20-26th gender cewek)
Sama seperti kategori diatas , berburu aneka fesyen dkk . Tapi , dalam kelompok ini potensi konsumen untuk membeli sebuah produk via jual beli online sangatlah besar . Kategori ini mencakup mahasiswi ataupun pekerja baru . Mereka tak segan untuk membeli barang secara online dalam jumlah yang lumayan banyak . Sobat dropship pasti tahu bahwa cewek apalagi range mid seperti ini cerewetnya minta ampun . Jadi , dibutuhkan kesabaran ekstra untuk menangani kategori ini ya .

3.    Range danger (umur 22-27thn gender cowok)
Darah muda darahnya para remaja , yang selalu gagah tak mau mengalah . Mungkin kata itu cocok diungkapkan untuk range danger ini . Kenapa saya sebut range danger ? karena range ini sama saja dengan range low , mereka tidak terlalu cerewet tapi lebih bahaya lagi dan bikin super ngeselin . Range ini adalah range yang suka minta cod , range yang sangat tidak bersahabat untuk dropshiper . Jika tidak mau berurusan dengan range ini , jauhilah kategori fesyen cowok macam blazer ,sepatu , gadget dsb . Range yang tidak menjanjikan bukan ?

4.    Range gak mau tahu (> 30thn gender wanita)
Inilah yang disebut surganya dropshiper , range gak mau tahu disini adalah orang-orang(konsumen) yang tidak mau tahu dalam arti gua(konsumen red) udah transfer , gua tunggu paketnya , aku gak mau tahu ya ntar lambat atau tidak yang penting sampe . Ketemu konsumen seperti ini jelas nilai konversinya >80% . Meskipun range ini juga ada yang suka minta cod , tapi kesempatan untuk digiring menjadi konsumen online sangatlah tinggi . Produk yang laris manis kategori ini biasanya meliputi perlengkapan bayi , perlengkapan alat dapur dan sejenisnya . Kategori ini tidak terlalu menyukai fesyen secara online karena sudah terbiasa dengan pembelian di mall atau toko yang memang menjual barang branded .

5.    Range Slower (>30th gender pria)
Kok slower ? kenapa ? aku sebut slower karena sifatnya memang lambat dalam penjualan . Mereka kategori ini memang jika membutuhkan produk pribadi dan ditempat tinggalnya tidak ada yang menjual , maka akan lari ke penjual online . Tapi , tidak seperti range gak mau tahu yang membabi buta , kategori ini masih malu-malu atau bisa kita sebut ragu-ragu untuk transaksi online .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar